.

SMART (SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RENGEL TUBAN)

Jumat, 20 Januari 2012



Mata Pelajaran Mambatik di SMA

SMA Negeri 1 Rengel merupakan salah satu sekolah yang masih mempertahankan kebudayaan bangsa,salah satunya kebudayan itu adalah BATIK. Oleh karena itu, SMA Negeri 1 Rengel memiliki mata pelajaran khusus KETRAMPILAN MEMBATIK. Di SMA Negeri 1 Rengel pelajaran membatik merupakan salah satu pelajaran yang di sukai oleh siswa-siswi, hal ini terbukti dengan karya-karya pemuda SMANSAR yang sangat kreatif dan indah.di SMA Negeri 1 Rengel mata pelaran ketrampilan  membatik di fokuskan berada di kelas XI dan XII dengan pembagian di kelas XI batik Tradisional dan kelas XII batik Modern.
            Ketrampilan membatik yang di ajarkan dalam kelas XI adalah pembuatan batik Cap dan Tulis. Pembelajaran batik ini dengan menggunakan metode teori dalam kelas dan prakek dalam proses pembuatan langsung dari awal hingga batik jadi. Siswa di perkenankan untuk langsung terlibat dan tau secara detail dalam pembuatan batik tersebut. Sehingga siswa mengerti dan mampu mempraktekannya di luar sekolah serta mampu untuk membuat lapangan perkerjan baru.
            Batik modern yang di ajarkan di kelas XII mengenai batik jumput. Batik dengan meggunakan teknik mengikat kain dengan tali atau rafia serta menggunakan  beberapa media diantaranya kain, benang, rafia, pewarna, biji-bijian dan jarum. Contoh kain batik jumput adalah motif sarung pantai. Dengan warna corak yang cerah.
            Itu tadi sekilas tentang mata pelajaran Ketrampilan Membatik di SMA Negeri 1 Rengel. Semoga beberapa penjelasan di atas dapat memberikan sedikit gambaran tentang mata pelajaran Ketrampilan Membatik di SMA Negeri 1 Rengel. Sekian terimakasih.